Loading...
6 Cara Memaksimalkan Performa Tablet Android Dengan Baik

6 Cara Memaksimalkan Performa Tablet Android Dengan Baik

Mungkin banyak dari pengguna tablet android yang sering mengalami masalah performa tablet yang lambat. Penyebab lambarnya performa tablet android biasanya bisa dikarenakan berbagai macam faktor, baik itu faktor RAM, space memori, banyak aplikasi, atau dikarenakan faktor lainnya. Namun jangan khawatir, sebab ada beberapa tips untuk meningkatkan performa tablet android menjadi lebih cepat, seperti berikut :

1. Menghapus Cache

Salah satu faktor penyebab tab android bekerja lebih lambat yaitu dikarenakan space yang diperlukan untuk mengelola data seperti halnya RAM dan memori internal menjadi kecil. Sementara tablet android sendiri memerlukan space yang cukup dalam mengolah data. Selain itu, alasan mengapa tablet android menjadi lambat yaitu dikarenakan ada banyak cache tersimpan pada tab. Adapun cache di sini yaitu semacam file atau data yang tersimpan pada ruang data dan terbentuk sesudah membuka aplikasi, khususnya sesudah melakukan browsing. Dengan menghapus cache secara rutin, membuar ruang data pada tablet android Anda bisa berfungsi dengan baik.

2. Memakai Startup Cleaner

Beberapa aplikasi umumnya akan aktif secara otomatis saat tablet android dinyalakan. Aplikasi tersebut kemungkinan merupakan aplikasi yang dibutuhkan untuk tablet Anda, walaupun ada kemungkinan jika beberapa aplikasi tak terlalu dibutuhkan. Untuk kondisi tersebut itulah, Anda dapat memakai Startup Cleaner 2.0 yang mengidentifikasika list aplikasi yang otomatis aktif saat tablet pertama kali dihidupkan. Selain itu, Anda juga dapat mengatur aplikasi tersebut yang aktif secara otomatis sesuai kebutuhan tablet Anda. Klik dan pilih Batch prevent default.

3. Pantau Sistem yang Sedang Berjalan Menggunakan Task Manager

Task manager merupakan bagian terpenting pada tablet. Task manager sendiri sudah menjadi aplikasi umum bawaan tablet. Untuk memonitor sistem yang tengah berjalan, cukup membuka Task Manager, kemudian pilih setting, lalu pilih application, dan terakhir running (tab). Jika Anda tak menemukan aplikasi task manager, cukup akses dan download di PlayStore.

4. Membersihkan Icon

Menambahkan icon untuk membuat tampilan yang menarik dan lucu di layar tablet bisa dibilang sangat mengasyikkan. Namun, jika icon yang digunakan terlalu banyak tentu bisa mengganggu aktivitas tablet Anda. Icon yang ada pada tablet tersebut membutuhkan banyak memori dalam bekerja. Sementara memori atau RAM pada tablet yang tersedia jumlahnya terbatas. Sementara, RAM itu sendiri diperlukan dengan kapasitas besar untuk menampilkan performa dan kinerja yang tinggi pada tablet. Denga semakin banyaknya jumlah icon yang dipasang, tentu semakin besar pula memori yang dibutuhkan pada tablet. Hal inilah yang bisa menyebabkan habisnya memori pada tab android Anda. Untuk itu, bersihkan atau kurangi icon yang dipasang pada tablet Anda agar kinerja tab android Anda pun lebih cepat.

5. Kurangi Settingan yang Tak Diperlukan

Mengatur tab android untuk menampilkan wallpaper dan gambar yang menarik memang menyenangkan. Namun Anda tentu harus tahu jika cara ini bisa memakan space memori dan data lebih besar. Di samping itu, melakukan pengaturan aplikasi lalu membuka aplikasi tersebut secara bersamaan bisa menghabiskan sumber tenaga. Untuk itu, kurangi pengaturan yang tak terlalu diperlukan untuk mempercepat kinerja tab android Anda dan tutup aplikasi yang tidak penting.

6. Bersihkan Data Eksternal

Eksternal storage merupakan salah satu media penyimpanan data yang ada pada tablet. Umumnya tablet menawarkan slot penyimpanan yang bisa dipakai untuk memasukkan perangkat MicroSD Card sebagai tambahan penyimpan data selain yang telah terpasang. Namun dengan data file terlalu banyak di eksternal space ini bisa menganggu kecepatan pada tab android Anda. Untuk performa tablet yang lebih baik, Anda bisa mengurangi data pada tab yang tak diperlukan supaya ada space untuk memaksimalkan kerja tablet.

Comments