Loading...
5 Tips Amankan Tablet Android Anda dari Malware dan Virus

5 Tips Amankan Tablet Android Anda dari Malware dan Virus

Semua perangkat android, entah itu berupa tablet ataupun ponsel pintar jika terlalu sering dipakai untuk menerima file atau browsing, pasti akan rentan terkontaminasi virus atau malware. Terlebih lagi, jika Anda sering mendownload aplikasi. Untuk mencegah dan mengatasi serangan virus pada tablet android Anda, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan, seperti berikut :

1. Mengaktifkan Fitur Keamanan

Secara default, smartphone android yang Anda miliki sebenarnya telah dibekali oleh fitur keamanan. Selain itu, fitur ini bermanfaat untuk menyaring atau melakukan filter terhadap aplikasi yang akan diinstall. Untuk mengaktifkannya sebenarnya cukup mudah. Caranya yaitu masuk ke menu setting lalu pilih security, kemudian verify apps di centang. Jangan lupa pula untuk menghilangkan tanda centang pada unknown source. Jika Anda mengaktifkan fitur tersebut, maka saat akan menginstall aplikasi, tab android pun langsung mendeteksi ancaman serta memperingatkan pengguna untuk tidak mendownload dan menginstall aplikasi tertentu jika  terancam virus atau alware.

2. Hati-Hati Menginstall Aplikasi

Jika Anda suka menginstall beberapa aplikasi yang berasal dari pihak ketiga, sebaiknya hati-hati. Sebab beberapa vendor yang tak bertanggung jawab seringkali menyisipkan malware pada aplikasi mereka. Bahkan kamu tak sadar jika malware tersebut aktif bahkan mencuri akun, password, data-data, dan sebagainya. Secara default, smartphone android Anda telah disetting untuk melakukan instal hanya lewat Google Play Store. Namun pengaturan ini dapat diubah, sehingga pihak lain bisa mengubah settingannya untuk menginstal aplikasi lainnya di luar Google Play Store.

3. Selalu Melakukan Update OS Android

Biasanya ponsel android terbaru akan memperoleh update OS ke dalam versi lainnya yang lebih canggih. Dengan terus melakukan update, celah bug dan keamanan versi OS sebelumnya akan diperbaiki dan ditambal oleh versi terbaru. Di samping itu, dengan terus melakukan update OS android di tab android, perangkat kesayangan Anda pun akan memperoleh fitur terbaru lainya yang tak dapat dijumpai pada OS android sebelumnya. Selain itu, periksa update OS android dengan masuk ke “setelan” lalu pilih “tentang tablet” kemudian pilih “pembaruan sistem.

4. Perhatikan App Permisions

Saat mengunduh game atau aplikasi di Play Store, ada beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan, salah satunya ialah dapat melihat app permisions atau izin aplikasi yang diperlukan sebelum menginstallnya. Ada beberapa aplikasi yang memelrukan berbagai macam izin agar bisa mengakses fitur-fitur tertenti dari smartphone Anda.

Namun ada pula beberapa aplikasi abal-abal yang sebenarnya tak memerlukan izin akses pada fitur tertentu. Dengan begitu, jika Anda yakin jika tak ada alasan bahwa aplikasi tersebut memerlukan akses tertentu, sebaiknya jangan diinstall. Hal ini sangat berbahaya, terlebih lagi jika terdapat aplikasi nakal yang isinya malware dan memiliki hak akses ke bagian-bagian terpenting di tablet android Anda. Tapi tenang saja jika smartphone Anda mengusung OS Marshmallow, sebab ada pengaturan mengelola izin aplikasi. Dengan cara pilih menu setting kemudian pilih app lalu pilih app permissions.

5. Waspada Saat Browsing

Tak sedikit orang merasa tidak sadar jika internet merupakan sumber utama penyebaran malware, Trojan, dan virus. Umumnya malware tersebut tersebar di beberapa situs yang memiliki konten illegal, misalnya situs pornograf, judi, dan lain sebagainya. Karena itulah, hati-hati saat melakukan browsing. JIka Anda menemukan situs yang mencurigakan dengan meminta data-data yang bersifat pribadi, sebaiknya langsung lakukan hit back button.

Comments